Senin, 02 Mei 2016

Konversi di dunia per IG-an

Konversi di dunia per IG-an 
By ganbat

Konversi di dunia online itu kudu dipahami oleh para pebisnis online. Idealnya kisaran miniml 5% dari jumlah "massa" kita adalah customer aktif kita 
Massa itu :
Follower (ig,twitter,tumblr)
Likes (fanspage facebook)
Friend (facebooo)
Visitor (website)

Customer aktif : 
Customer yg memiliki minat terhadap produk kita, dan pernah order dikita juga selalu repeat order (khusus produk yg memang jadi konsumsi rutin, seperti obat2 makanan dll)

Nah, saya contohkan di IG ya.
Misalkan kamu punya follower adalah 100 maka ketika kamu posting produk ke ig maka secara realtime, IG AKAN MENAMPILKAN POSTINGAN KAMU ke follower kamu. Rata2 adalah < 5 PERSEN dari jumlah follower kamu akan melihat postingan yg baru kamu UPload. jadi kalau follower kamu 100 berapa yg lihat ? Yupz maksimal 5 yg lihat.

KENAPA KOK SEDIKIT?

Realitanya di IG itu sudah milyaran yg punya akun. Jadi pasti banyak banget yg posting/upload kan ? Nah kamu tuh rebutan sama milyaran akun ig lainnya. Apalagi jika follower kamu itu juga memfollow banyak IG maka kemungkinanya bisa lebih kecil lagi.

Nah sudah tahu kan konsep konversi nya ?

Lalu gmn supaya bisa menghasilkan konversi yg menghasilkan penjualan/customer  ?

Kenapa kita cari follower ? 
Untuk apa follower itu?
Ada yg punya jawabannya kah ?

Kalau saya, hm.. Pastinya para folower itu akan saya tawarkan produk saya. Akan saya edukasi mengenai produk dan layanan saya. Akan saya "paksa" mereka membeli produk saya.

Kenapa saya "paksa" ?
Ya iyalah.. Wong saya sudah keluar waktu tenaga dan uang buat mencari mereka...

Lanjut ya....

Nah follower seperti apa yg harus kita cari ?

Prinsipnya : Target Customer.

Yupz customer yg memang membutuhkan produk kita.

Contoh saya jual batik maka target saya adalah :
1. Pria wanita usia > 20 tahun
2. Bekerja

Maka mereka lah yg kita cari.

Lalu bagaimana dengan follower yg follow ig kita tapi bukan sesuai target kita ? Ya ndak apa2 anggap.. bonus namun ada syaratnya, apa ? Mereka adalah pemilik akun ig yg aktif.

Kalau ga aktif ? Ya asemmm lah.
Padahal kesempatan post kita muncul hanya < 5% kan ?

Nah di IG kita punya cara yg efektif dan unik buat promosi akun ig kita yaitu SFS

Kenapa unik, ya cuma di ig kita bisa Shout For Shout di sosmed lain mana bisa..

Nah SFS ini kalau kita isi slot dan semua yg ikut itu punya follower aktif, pastinya akan follow kita kan ? Karena postingan sfs muncul di wall ig mereka dan jika mereka tertarik pasti follow..

Tapi kalau di IG  yg ikut SFS ternyata ada banyak follower yg ga aktif gimn ? Misal yg boot follower wah asemmm itu mah...

Lanjut lagi ya cara kita selalu posting produk yg efektif.

Cara supaya postingan kita mendapatkan konversi.

1. Selalu posting produk di jam efektif yaitu pagi jam 7 s.d 9 ini waktu orang kantoran baru sampe kantor dan masih lom ngapa2in jadi main sosmed
Jam 11 s.d 13 tahulah semua ini jam istirahat
Jam 16 s.d 15 ini jam pulang kerja. Biasanya yg naik angkot pasti buka sosmed

Jam 19 s.d 21 waktu orang santai habis pulang kantor dan udah sampe rumah..

2. Kamu punya produk dan di posting minggu lalu ? HAPUS lalu POSTING LAGI

KENAPA ? karenapostingan kamu itu sudah tenggelam. Follower baru pasti ga liat postingan produk kamu kecuali mereka emang mantengin produk kamu sampe bawah..

Manfaat posting ulang produk juga adalah :
=> Supaya para follower kita saat buka ig dan melihat wall nya eh ada produk yg mereka minati, kesannya ig kita aktif. Saran saya lakukan rutin. Saya aja lakukan posting ulang tiap pagi... Yg kemarin saya hapus..
Inget hanya <5% postingan kita masuk ke wall follower

Yupz... Konversi itu hitung2an...

Bisa jadi postingan kita itu di lihat folloelwer kita si a,b,c,d,e
Dan f,g,h,i dll ga lihat...

Trus besoknya kita posting lagi eh si j,k,l,m,n lihat..

Begitu seterusnya..

Ok prinsip konversi adalah jumlah follower aktif bisa menghasilkan customer berapa ?

Silahkan test & measure

Coba untuk posting produk (bukan sfs ya) di jam efektif tadi. Kalau sfs boleh kapan aja.

Coba untuk posting ulang produk nya...

Coba buat catatan kecil, misal pagi ini posting 5 produk jam sekian. Tinggu sampai 2-3 jam adakah yg sms bm wa line atau komen di ig.? Berapa jumlah nya.. Begitu seterusnya...

Kumpulkan catatan2 itu lalu coba analisa berapa konversi dari follower kami..

Inget, follower yg ga aktif atau boot adalah kesia-sian ..

Bener kan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas commentnya